Aplikasi Bimbingan Konseling


Aplikasi Administrasi Guru BK (SMP/SMA)


Sekolah merupakan tempat untuk menimba ilmu. Selain itu sekolah juga merupakan tempat dimana diajarkanya tata tertib dan kedisiplinan. Didalam lingkungan sekolah tentunya harus memiliki sebuah pedoman dan arahan bagi siswa agar mematuhi tata tertib sekolah. Dengan tujuan, siswa tidak hanya memiliki dasar ilmu pengetahuan namun juga dalam hal perilaku dan kedisiplinan. Karena "adab lebih utama daripada Ilmu".

Tak jarang siswa disekolah memiliki adab/perilaku yang kurang baik, yang akhirnya dapat menjadikan dampak bagi sekolah pula. Maka dari itu, kedisiplinan dan tata tertib dibuat tentu dengan tujuan untuk menciptakan suasana sekolah yang aman, nyaman dan tertib, sehingga dapat terhindar dari kejadian yang bersifat negatif.

Namun tata tertib dan kedisiplinan di sekolah kadangkala seringkali dilanggar atau diabaikan oleh siswa di sekolah. Tentunya ini menjadi sebuah tantangan bagi sekolah. Dengan adanya pembinaan berupa Bimbingan Konseling bagi siswa/siswi yang melakukan sebuah pelanggaran baik yang bersifat kedisiplinan, tata tertib maupun perilaku dapat dibina dan diarahkan ke arah yang lebih baik. Karena tiap sekolah tentunya ingin agar anak didiknya memiliki sikap kedisiplinan dan perilaku yang positif.

Untuk itulah sekolah harus memiliki Guru Bimbingan Konseling, karena bimbingan konseling memiliki peranan penting dalam hal tersebut.

Mengingat bahwa tujuan dengan adanya BK (Bimbingan Konseling) di bidang akademik diantaranya adalah agar siswa :
  1. Memiliki kesadaran tentang potensi diri dalam aspek belajar.
  2. Memiliki sikap dan perilaku yang positif seperti; menghargai antar sesama teman meski berbeda suku, ras maupun agama, dan menghormati guru.
  3. Memiliki kebiasaan belajar yang positif, seperti : rajin membaca buku, disiplin dalam belajar, disiplin dalam kelas maupun sekolah
  4. Memiliki kesiapan mental dan kemampuan untuk menghadapi ujian ataupun masalah yang dialami oleh siswa.
Mengingat dan menyadari hal itu, seorang Guru BK pastinya memiliki tanggung jawab dalam memberikan bimbingan dan pembinaan bagi siswa-siswinya demi kemajuan dan Prestasi siswa tersebut. Selain daripada itu ada hal yang tak kalah penting adalah adanya sebuah sistem administrasi bagi Guru BP/BK dalam melakukan pemantauan serta proses Bimbingan Konseling untuk siswa agar lebih mudah dan terdokumentasi dengan baik.

Pada kesempatan kali ini, Unisoft mengembangkan sebuah aplikasi (perangkat lunak) sederhana khusus untuk Guru BK di sekolah / madrasah yang bernama Biling, kependekan dari (Bimbingan Konseling), yang telah dibuat dan dikembangkan sejak tahun 2017. Sekilas video tentang aplikasi Biling dapat anda lihat di Youtube.


Aplikasi Biling dibuat dengan desain yang sederhana agar memudahkan pengguna terutama (Guru BK) dalam menggunakan aplikasi ini. Aplikasi Biling saat ini telah digunakan diberbagai instansi sekolah baik di tingkat SMP, SMA, maupun sederajat.

Tentunya selain bermanfaat untuk pihak sekolah, aplikasi Biling juga dapat menjadi sebuah alat penunjang sistem administrasi dari Guru BK perihal :
  • Input data siswa (Aktif)
  • Input data mutasi siswa (Nonaktif)
  • Input pencatatan skor pelanggaran siswa
  • Input proses Bimbingan Konseling
  • Input data Konsultasi dengan orangtua siswa
  • Memudahkan membuat Surat Panggilan kepada orangtua/wali
  • Dapat membuat tindakan / solusi pada siswa dengan melihat data arsip
  • Dapat melihat perkembangan kepribadian siswa yang bermasalah

Dengan fitur utama yang ada dalam aplikasi Biling ini, Sistem Administrasi Guru BK akan semakin baik. Penasaran? segera unduh aplikasinya dibawah ini:

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Silakan bagi bapak/ibu guru BK, dapat mengunduh dan mencoba aplikasi Bimbingan Konselingnya.. Semoga menjadi manfaat.

    BalasHapus
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

Tutup Menu